Selasa, 16 Juli 2013

Cara sehat menjalankan ibadah puasa

Cara Sehat Menjalankan Ibadah Puasa

Cara sehat menjalankan ibadah puasa menjani puasa memang mebutuhkan perjuagan yang besar, agar ibadah kita bisa diterima disisi Allah, apalagi diawal puasa biasanya kita mengalami kondisi tubuh yang ngatuk dan lemas serta merasa tak bergairah untuk beraktifitas, namum ada beberapa tips cara sehat puasa dalam memilih menu sehat berbuka dan sahur dengan memilih
Cara sehat berpusa maka Isyah Allah puasa kita akan tetap lancar meskipun kita beraktifitas SS super sibuk, untuk menjaga tubuh tetap prima selama berpuasa, sahabat muslim hasbihtc dapat mencoba beberapa langkah hidup sehat sederhana berikut ini dalam mejalankan ibadah puasa dibulan suci ramadhan yuk kita baca bersama
Cara Sehat Menjalankan Ibadah Puasa
Cara Sehat Menjalankan Ibadah Puasa

Cara Sehat Menjalankan Ibadah Puasa

6 Cara Sehat Menjalankan Ibadah Puasa Berikut ini :
6. Lakukan perencanaan
Hal yang paling utama yang dilakukan adalah dengan membuat daftar belanja selama bulan puasa silakan mebuat perencanaan untuk menu sahur dan berbuka pilihlah makanan yang berbahan segar serta jauhi junk food yang mengandung banyak lemak.
5. Sahur sebelum waktu Subuh Imsak
Memang terasa berat menjalani aktivitas sahur di pagi buta mungkin agak terasa ringan bila kita telah terbiasa makan sahur untuk puasa sunnah senin dan kamis pada bulan-bulan sebelum Ramadhan makan sahur mendekati waktu imasak akan mencegah kita melewati waktu Subuh oleh karena itu, siapkan makan sahur sebelum tidur malam dengan membuat makanan yang praktis. Disarankan untuk memilih bahan makanan yang mengandung serat, karbohidrat kompleks, protein, serta vitamin, agar tubuh dapat memelihara rasa kenyang hingga saat berbuka.
4. Makan secukupnya saat berbuka
Ikuti Sunnah Rosul yakni berbuka dengan manisnya buah kurma serta secangkir minuman hangat. Saat berbuka puasa, makanlah secukupnya saja anda bisa melanjutkan kegiatan berbuka sesudah melakukan ibadah sholat Maghrib Makan secara bertahap ini akan membantu perut kita beradaptasi kembali mencerna makanan setelah seharian menahan lapar dan haus.
3. Kurangi minum kopi, teh, dan minuman bersoda
Minuman olahan seperti kopi, teh, dan minuman bersoda bisa meningkatkan produksi air seni sehingga dapat mengakibatkan sering pipis selain itu, minuman-minuman ini bisa mengeluarkan zat-zat yang diperlukan dalam tubuh.
2. Berolahraga ringan
Olahraga ringan ini diperlukan agar peredaran darah dalam tubuh tetap terjaga aktivitas berolahraga dapat mengubah cadangan energi atau lemak dalam tubuh menjadi glukosa dampaknya adalah badan akan terasa menjadi segar dengan demikian, rasa lesu, malas, dan mengantuk akan terusir saat kita menjalankan puasa Olahraga ringan ini dapat dilakukan pada sore hari menjelang waktu berbuka.
1. Komsumsi makanan sehat
Jangan lupa untuk menambahkan selalu buah dan sayur segar pada menu sahur dan berbuka. Hal ini berguna untuk menjaga asupan serat dan vitamin ke tubuh tetap terpenuhi usahakan cukup minum agar tidak terkena dehidrasi dan sakit kepala di siang hari dan bau mulut
Demikianlah ulasan hasbihtc menganai Cara Sehat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan semoga dapat bermanfaat baca juga cara sehat ala Rasullullah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar